Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Desain tanaman diatas dak rumah

Tanaman diatas dak rumah - Kadang, untuk mengatasi rasa jenuh di rumah, kamu butuh sesuatu yang menyenangkan dan menyegarkan. Ia kan? Salah satunya adalah dengan melihat dan menikmati tanaman hias. Sayangnya, banyak orang yang berpikir, bahwa akan sulit meletakkan tanaman di area rumah, terlebih lagi rumah dengan ukuran minimalis. Di mana semua bagian rumah harus tertata dengan baik. Bahkan jika sampai tidak tepat dalam penyusunan bisa saja membuat rumah semakin terasa sesak. Inilah alasan utama, mengapa pemilik rumah minimalis dituntut untuk bisa kreatif dalam menata setiap ruang dan memilih perkakas atau perabot. Nah, kadang, tetap saja masih ada orang yang kesulitan dalam menata. Terutama untuk urusan tanaman. ia kan?

Tanaman diatas dak rumah
Tanaman diatas dak rumah

Tapi tenang deh, jika saat ini kamu sedang merasa kesulitan, maka kamu bisa banget membuat tanaman di atas dak rumah. Kedengarannya agak 'aneh' dan nggak biasa sih. Meskipun terkesan aneh, tapi hasilnya nggak bakalan seaneh  yang dipikirkan oleh orang-orang kok. Bahkan, tanaman di atas dak rumah ini justru akan memberikan kesan nyaman, unik, dan bikin betah di rumah. Apalagi dengan kondisi yang masih pandemic seperti saat ini. Adapun pembuatan tanaman di atas dak rumah ini cocok banget buat kamu yang ingin refreshing tapi di rumah aja. Penasaran bagaimana wujudnya? Yuk simak penjelasannya berikut.

Tanaman diatas dak rumah
Tanaman diatas dak rumah

Umumnya nih, atap yang sudah dilapisi dengan cor beton mempunyai tujuan agar bisa menambahkan ruang vertikal di lantai bagian atas. Bahkan, untuk saat ini keberadaan dak memang sudah mulai digencarkan oleh pengusaha properti. Hal ini karena dengan adanya dak ini bisa membuat rumah terasa lebih sejuk loh. Selain itu, bisa juga membuat rumah bebas bocor ketika musim penghujan tiba. Tidak heran jika akhirnya keberadaan dak rumah menarik perhatian banyak orang. Dan hal yang paling menarik adalah, dak rumah ternyata dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Mulai dari pembuatan taman terbuka yang hijau, tempat nongkrong, dan lain sebagainya. Asli, ini sih keren banget ya. Apalagi kalau yang akan membuat konsepnya adalah arsitek handal. Bisa dijamin deh, dak rumah kamu bakalan menjadi tempat terfavorit di rumah. Ia kan?

Tanaman diatas dak rumah
Tanaman diatas dak rumah

Ternyata, konsep roof garden ini sudah cukup lama loh terkenalnya. Hanya saja, baru akhir-akhir ini aja ngetrend nya. Jadi, pembuatan tanaman di atas dak rumah ini cocok banget sih dipilih oleh kamu yang Cuma punya lahan rumah sempit dan kecil. Atau, bagi kamu yang memang kebetulan tinggal di perkotaan sehingga jumlah lahan terbatas. Karena tanaman ini bisa kamu buat dengan tidak sama sekali membutuhkan tambahan lain kan? Kamu hanya akan menggunakan atau memanfaatkan space yang sudah ada. Maka, kalau saat ini kamu nggak punya space atau lahan kosong di rumah, tenang aja deh, karena dak rumah bisa menjadi jawaban dan solusinya. Kamu bisa menyulapnya menjadi sebuah tempat yang nyaman untuk digunakan.

Tanaman diatas dak rumah
Tanaman diatas dak rumah

Dalam hal ini, kamu bisa banget mengkombinasikan beberapa tanaman di dak tersebut, atau mengkombinasikan beberapa bunga yang warnanya warna-warni. Hal ini agar tamannya terlihat lebih indah dan menarik. Bahkan ketika dilihat dari kejauhan.  Nah, untuk memperindahnya, kamu bisa banget menambahkan rumput sintetis yang hijau di bagian lantai. Karena dengan warnanya yang hijau, cerah, akan membuat taman lebih asri, nyaman, dan tenang.  Hanya saja, kamu meski memperhatikan kebutuhan cahaya plus air dari tanamannya ya. Karenakan tipe tanaman itu beda-beda.

Untuk menambah kenyamanan, kamu bisa meletakkan kursi santai di dak tersebut, dan meletakkan lampu hias di bagian sisinya. Sementara di bagian tepi daknya bisa kamu hias dengan bebatuan. Di mana, seluruh elemen tersebut akan menghasilkan sebuah taman yang indah dan memukau. Kelihatannya mah asri banget dah. Apalagi karena ada hamparan hijaunya. Kalau sudah gini, maka dijamin deh, kamu bakalan males buat keluar rumah. Karena cukup ke sini saja maka kamu sudah bisa merasakan sensasi nyaman seharian.

Demikian beberapa hal penting terkait tanaman di atas dak rumah. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Desain tanaman diatas dak rumah"