Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanaman outdoor yang cantik tahan panas dan hujan

wdesain.com - Memiliki hunian yang nyaman dan sejuk adalah impian semua pemilik rumah. apalagi kita yang tinggal di negara yang beriklim tropis, pastinya memiliki cuaca yang sedikit panas dibandingkan dengan negara lain. Walaupun demikian kita bisa memanfaatkan tumbuhan atau tanaman sebagai penyejuk udara dan sekaligus mempercantik lingkungan rumah. 


Tanaman outdoor yang cantik tahan panas dan hujan
Tanaman outdoor yang cantik tahan panas dan hujan

kita tidak boleh sembarangan dalam memilih tanaman hias untuk lingkungan sekitar rumah yang tidak tertutupi atap di atasnya. Hal ini bertujuan agar tanaman yang ditaruh di sekitar rumah adalah jenis tanaman yang tahan terhadap kondisi cuaca panas dan hujan. 

Berikut adalah jenis tanaman outdoor yang cantik dan mampu bertahan pada cuaca panas dan hujan.

Sansevieria laurentii

Tanaman outdoor yang cantik tahan panas dan hujan
Foto: crocus.co.uk

sansevieria laurentii tau yang lebih dikenal dengan tanaman lidah mertua merupakan tanaman yang cukup populer di indonesia.

Tanaman ini cukup unik karena bentuk daunnya yang menjulur tegak ke atas dan memiliki corak kuning inilah yang membuat persepsi warga indonesia bahwa tanaman ini menyerupai lidah mertua. 

selain bentuknya yang unik,  tanaman ini memiliki berbagai manfaat. Pada malam hari tanaman lidah mertua ini mampu menyaring udara mengubah karbondioksida menjadi oksigen di malam hari. tanaman ini juga cocok apabila diletakan didalam ruangan karena dapat mengubah udara menjadi sejuk. 

Dengan kemampuan tanaman lidah mertua yang mengubah polutan menjadi udara yang sehat, tanaman ini sangat memiliki manfaat untuk penderita alergi. 

tanaman ini tergolong tanaman yang sangat kebal dari hama ataupun cuaca panas dan dingin. jadi bisa kita letakan di dalam ruangan maupun diluar ruangan rumah kita.

Canna ( bunga tasbih)

Tanaman outdoor yang cantik tahan panas dan hujan
Sumber : pinterest.com

Bunga yang cantik dan indah ini mempunyai julukan yang sangat unik di indonesia, yaitu bunga tasbih. Bunga ini ditemukan pertama kali di dataran benua Amerika dan memiliki nama asalnya yaitu canna. 

seringkali bunga canna atau bunga tasbih ini ditanam pada taman taman kota atau pekarangan rumah. tidak perlu khawatir jika bunga ini selalu berada pada tempat yang terbuka atau panas. Tumbuhan ini bisa tumbuh kisaran tinggi 2 meter, menjulang ke atas dan tinggi dengan dan daun yang seperti sirip dan melebar. memiliki rimpang yang menyerupai umbi, bunganya memiliki warna warna cerah yang sangat cantik. 

Canna sangat rentan dengan hama atau penyakit seperti serangan ulat,  siput, laba laba dan tungau.

Dibalik keindahan bunganya, ternyata canna juga memiliki manfaat bagi tubuh kita lho, misalnya rimpangnya memiliki rasa yang manis dan berkhasiat sebagai penyejuk, pereda demam (antipiretik), peluruh kencing (diuretik), penenang (tranquilizer), dan menurunkan tekanan darah (hipotensif), disentri kronis, wasir (hemoroid), keputihan (lekore), dan radang hati akut disertai kuning. Bunganya berkhasiat hemostatis, darah haid yang banyak (metrorrhagia), dan batuk darah. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah rimpang segar atau kering dan bunga keringnya.

Petunia

Tanaman outdoor yang cantik tahan panas dan hujan
Sumber: freepik.com/anbidzilya

Tanaman outdoor yang cantik berikut ini bisa tahan terhadap panas dan hujan tanaman ini disebut bunga petunia.

Bunga petunia adalah tanaman dari kelompok famili Solanaceae yang memiliki bunga berbentuk terompet dan juga memiliki anggota seperti tanaman tembakau, kentang, tomat, dan juga cabe (lombok).

Tanaman ini tidak hanya memiliki bunga yang indah tetapi juga memiliki ketahanan terhadap iklim dan cuaca yang panas, tanaman ini bisa tumbuh setinggi 16-30 cm dengan berbagai ragam warna bunga yang berbeda-beda. di dalam satu pot, tanaman ini bisa tumbuh 3-4 jenis warna bunga yang berbeda.

Bunga petunia tidak hanya terkenal dengan bunga nya yang cantik tetapi tanaman ini juga terkenal kuat dan tidak mudah layu, disamping itu cara merawat tanaman ini juga mudah dan bunganya pun tidak memerlukan perawatan yang khusus.

Untuk menghasilkan tanaman Petunia yang sehat dengan bunga yang bagus, dibutuhkan pengairan atau penyiraman yang dilakukan secara rutin, penyinaran matahari yang cukup dan penambahan pupuk secara berkala agar tanaman lebih sehat dan subur.


Marigold

Tanaman outdoor yang cantik tahan panas dan hujan
Sumber: freepik.com/serhii-bobyk

Tanaman hias selanjutnya adalah marigold. Ada banyak varietas bunga marigold yang dikenal di seluruh dunia. Tagetes erecta atau bunga marigold yang berasal dari meksiko merupakan varietas yang paling umum ditemukan. Di indonesia, bunga ini dinamakan bunga kenikir.

Tanaman ini memiliki kelopak bunga yang cantik dan penuh warna. Spektrum warna dari kuning hingga oranye memberikan kesan warna yang menarik, bahkan beberapa varietas memiliki gradasi warna keduanya, sehingga membuatnya tampak lebih cerah dengan perpaduan warna tersebut.

Tanaman ini dikenal sebagai tanaman yang berbunga cantik dengan simbol keberuntungan, bunga ini juga memberikan suasana cerah di area halaman rumah.

Tanaman ini sering digunakan sebagai hiasan di atas meja tamu untuk memberikan kesan cantik bagi yang melihat. Namun, ada juga yang digantung di area rumah untuk menambah estetika tersendiri bagi pemiliknya.

Marigold juga menjadi salah satu tanaman hias yang mudah dirawat. Tanaman ini dikenal sebagai bunga yang berwarna cerah, tidak hanya itu tanaman ini juga dikenal kuat dan tidak mudah layu.

Agar menghasilkan tanaman marigold yang sehat dengan bunga yang bagus dan indah, dibutuhkan pengairan atau penyiraman yang dilakukan secara rutin, penambahan pupuk secara berkala agar tanaman lebih sehat dan subur, dan sinar matahari sebagai kunci utamanya.

Siklok ( Agave Attenuate )

Tanaman outdoor yang cantik tahan panas dan hujan
Sumber: mitalom.com

Tanaman yang satu ini cocok untuk rumah yang memiliki taman minimalis. Tanaman hias siklok atau disebut dengan Agave attenuate banyak digunakan sebagai sarana penghijauan yang efektif, meskipun hanya di pekarangan yang tidak luas.

Tanaman hias yang dikenal dengan siklok ini sangat cantik untuk dekoratif di sekitar halaman rumah. Siklok memiliki tekstur daun yang sangat keras dan berwarna hijau keputihan. Bentuknya yang runcing membuat tanaman hias yang satu ini tampak unik apabila diletakkan di sekitar halaman rumah atau di pagar depan.

Tanaman outdoor yang cantik tahan panas dan hujan
Foto: begonia (Sumber: freepik.com/serhii-bobyk)

Saflok tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias, tetapi bisa juga digunakan sebagai bahan pemanis buatan, tidak hanya itu tanaman ini juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. 

Tanaman ini mengandung berbagai nutrisi dan bahan kimia alami sehingga bagus untuk kesehatan, bagian yang berkhasiat pada tanaman ini adalah akar, daun, dan getahnya.

Manfaat siklok untuk kesehatan yaitu mengatasi depresi, membantu metabolisme tubuh, bagus untuk ibu dan janin, mengobati luka, menyehatkan tulang dan jantung, mengontrol gula darah, menurunkan kadar kolesterol, dan melembabkan rambut. 

Untuk perawatannya sendiri sangatlah mudah, karena tanaman hias siklok tidak perlu terlalu sering disiram sebab tanaman ini tahan pada udara panas saat kering.

Editor : wdesain.com
Sumber:
  • freepik.com/serhii-bobyk
  • mitalom.com
  • freepik.com/anbidzilya
  • pinterest.com
  • crocus.co.uk

Post a Comment for "Tanaman outdoor yang cantik tahan panas dan hujan"