Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Desain Rumah Type 45 Berikut Pengertian dan Inspirasinya

Desain Rumah Type 45
Desain Rumah Type 45

Pengertian dan Inspirasi Desain Rumah Type 45 - Saat memilih rumah untuk dijadikan tempat hunian, tentunya ada beberapa hal yang wajib dipertimbangkan, pertama kali yaitu luas bangunan dan juga luas tanah keseluruhan. Dua hal ini begitu penting, karena menyangkut biaya, penataan ruangan pada rumah, dan juga kenyamanan.

Di Indonesia saat ini ada beberapa jenis type rumah yang didasari dari luas lahan dan bangunan. Salah satunya Rumah Type 45 yang dinilai type yang cukup pas. Masing-masing tipe pastinya memiliki kelebihan beserta kekurangan. Memilih type rumah yang haruslah sesuai kebutuhan dan juga jumlah anggota keluarga.

Pengertian Rumah Type 45


Pengertian dan Inspirasi Desain Rumah Type 45
Inspirasi Desain Rumah Type 45

Nah sesuai dengan judul, saat ini kita akan membahas tentang rumah type 45 yang dinilai memiliki banyak keuntungan jika memilih rumah type ini. Tapi sebelumnya, mungkin ada beberapa yang belum paham tentang apa pengertian dari masing-masing angka tersebut. Type rumah biasanya mengacu pada luas bangunan atau hasil kali dari panjang dan lebar bangunan tersebut.

Maka dari itu, jika rumah ukuran type 45 artinya rumah tersebut memiliki luas lahan bangunan 45m2. Namun jangan mengira luas bangunan sebagai luas keseluruhan lahan. Karena luas bangunan berbeda dengan luas lahan, karena yang jelas, luas lahan lebih besar karena untuk open space.

Pada umumnya rumah dijual dengan menyebutkan type beserta luas tanahnya. Contohnya rumah type 45/72. Yang berarti rumah tersebut memiliki luas bangunan 45m2 dengan luas lahan 72m2. Luas lahan tersebut juga dimanfaatkan untuk halaman dan juga garasi kendaraan.

Inspirasi Desain yang Cocok untuk Rumah Type 45


Inspirasi Desain yang Cocok untuk Rumah Type 45
Inspirasi Desain yang Cocok untuk Rumah Type 45

Rumah type 45 ini memiliki ukuran yang pas, yang artinya tidak besar dan tidak terlalu kecil. Penataan ruangannya juga tidak akan terlalu sulit dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan saja. Untuk memberikan kesan asri, bisa ditambahkan ornament tumbuhan dari plastik.

Pada umumnya rumah type 45 menggunakan lantai keramik dengan ukuran 60cm x 60cm dengan warna putih menyesuaikan warna tembok yang netral. Warna netral juga bisa dipilih untuk perabotan lainnya agar sesuai dengan warna utama.

Warna-warna yang berkesan lembut atau netral cocok untuk rumah type 45 dengan cuaca yang panas. Warna lembut dan lantai keramik akan memunculkan kesan sejuk. Warna-warna hangat juga bisa dipilih untuk lokasi rumah dengan temperature dingin dan banyak pepohonan.

Pemisahan ruang tamu, ruang makan dan ruang keluarga, pada umumnya menggunakan sekat tembok sebagian tanpa pintu atau menggunakan pintu. Saat ini, rumah type 45 banyak menggunakan sekat pintu kaca yang digeser untuk kesan modern.

Beberapa Desain Alternatif Rumah Type 45

Hal utama yang perlu dipersiapkan dalam pengembangan rumah yaitu menentukan desain yang diinginkan. Dalam menentukan desain tersebut, Anda bisa melihat kebutuhan, kemudian membuat daftar ruangan apa saja yang akan ditambahkan.. Nah, untuk Anda yang membutuhkan inspirasi, berikut ini beberapa denah rumah type 45 dengan pengembangannya.

Desain Rumah Type 45 2 Kamar

Desain Rumah Type 45 2 Kamar
Desain Rumah Type 45 2 Kamar

Walaupun termasuk dalam kategori rumah minimalis, Namun rumah type 45 sudah bisa disebut golongan rumah mewah. Apalagi jika desain rumah dipadukan antara eksterior dan interior yang modern dan menarik. Dengan luas yang lebih besar dibanding tipe 36, maka otomatis alokoasi ruangan lebih leluasa.

Desain rumah type 45 dengan dua kamar tidur pastinya akan lebih besar, yang sangat memungkinkan untuk menambah berbagai furniture di dalamnya. Anda bisa mencoba desain kamar tidur diposisika secara berurutan dengan garasi mobil tepat pada bagian depan rumah. Desai ini memiliki keuntungan dalam melihat keluar rumah secara langsung, jika kamar tidur belakang maka langsung berpapasan dengan taman.

Dengan luas ruangan yang lebih besar, maka Anda dapat menambah beberapa furniture seperti lemari, meja hias, beserta ornament lainnya. Hal ini akan meningkatkan produktifitas dan juga menambah kenyamanan para penghuni rumah. Ruang tamu dibagian depan bisa diberi tambahan berupa partisi agar dapat membatasi pandangan pada ruang makan.

Hal ini berguna untuk menghilangkan rasa tidak nyaman saat sedang makan. Untuk desain ruang dapur, alangkah baiknya dibuat secara terpisah dari unit bangunan rumah. Salah satu alasannya yaitu untuk menghindari kemungkinan asap masuk dalam rumah.

Desain Rumah Type 45 3 Kamar

Desain Rumah Type 45 3 Kamar
Desain Rumah Type 45 3 Kamar

Membuat desain tiga kamar tidur, tentunya sangat mudah dilakukan. Karena luas ruangan tipe 45 lebih luas dibanding tipe 36. Namun, penataan interior juga wajib dilakukan agar tidak terlalu menghabiskan banyak space ruangan. Karena sebenarnya rumah type 45 ini tidak terlalu berbeda jauh dengan rumah type 36.

Jika menerapkan prinsip pemanfaatan ruang, maka beberapa fungsi ruangan bisa ditambahkan. Salah satunya seperti ruang keluarga yang dapat diperluas agar lebih nyaman. Biasanya desain rumah dengan type 45 berbentuk memanjang, namun bentuknya juga bisa dibuat bervariasi.

Dengan perhitungan yang tepat, maka sisa ruangan bisa dimaksimalkan untuk menjadi ruang lain. Sebenarnya setiap ruangan memiliki porsinya masing-masing, seperti ruang dapur dan juga ruang makan. Pada rumah type 36, biasanya ruang makan dan dapur dibuat secara menyatu. Dengan dua kamar mandi, dan satu kamar mandi terdapat dalam kamar tidur utama.

Letak kamar mandi untuk umum terasa kurang nyaman pada desain rumah type 45 karena letaknya berada belakang rumah. Posisi ini akan membuat penghuni rumah maupun tamu kesulitan untuk menggunakannya. Karena seseorang dari ruang tamu yang akan menggunakan kamar mandi harus melalui beberapa ruangan, hal  ini yang dinilai kurang efektif dalam pergerakan.

Keuntungan Memilih Desain Rumah Type 45

Beberapa alasan kenapa para calon penghuni rumah memilih tipe 45 ini untuk bangunan rumahnya, tentunya karena keuntungan ataupun kelebihan yang didapat jika memilih rumah type ini.

Kelebihan memilih desain rumah type 45 yaitu memiliki ukuran yang pas, yang artinya tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. selain itu, lahan kosongnya cukup luas untuk bisa ditumbuhi tanaman hijau dan sejenisnya agar rumah lebih sejuk.

Dengan ukurannya yang pas, antara ruangan satu dan ruangan lainnya masih terlihat ada jarak. atau space sehingga tidak terlihat padat. selain itu, biaya pembangunannya cukup terjangkau atau tidak begitu mahal, serta perawatannya juga tidak terlalu sulit dan memakan waktu.

Kekurangan Memilih Desain Rumah Type 45

Dimana ada kelebihan disitu juga ada kekurangan, dan hal itu juga berlaku pada desain rumah, namun kekurangan rumah type 45 sebenarnya tidak terlalu banyak, semua tergantung dari karakteristik penghuninya.

Karena lahannya sedikit lebih luas jika dibandingkan dengan type lebih kecil seperti type 36, maka mengharuskan penghuninya untuk melakukan penataan yang sesuai dan pas. Nah, jika kurang baik dalam menata halaman, maka tampilan luar rumah akan terlihat kurang menarik dan jauh dari kesan asri.

Sedangkan pada bagian dalam ruangan rumah atau interiornya, kekurangannya lebih kepada pemilihan furniture seperti kursi, meja, beserta perabot lainnya. Jika pemilihan tema, warna dan ukuran yang kurang sesuai, maka akan sulit menciptakan kesan elegan pada rumah tersebut.

Post a Comment for "Desain Rumah Type 45 Berikut Pengertian dan Inspirasinya"