Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanaman dalam rumah yang bikin tambah cantik hunian

wdesain.com - Selain bagian luar rumah penuh tanaman fresh, tentunya bagian dalam rumah pun harus sama dong, untuk mempercantik rumah hunian anda dengan memberi interior yang dihias seindah mungkin berupa tanaman-tanaman indoor agar terkesan segar, yang menambah daya tarik dan kenyamanan bagi penghuni rumah maupun pengunjung yang datang.

Tak perlu interior yang mahal untuk memiliki hunian nyaman, Anda hanya perlu menyediakan tanaman segar beserta pot-pot kecil untuk menghiasi beberapa ruangan, dengan meletakkannya di meja atau digantung di sekitaran dinding.

Tanaman dalam rumah yang bikin tambah cantik hunian
Tanaman dalam rumah yang bikin tambah cantik hunian

Tanaman hias indoor memiliki manfaat untuk memurnikan udara dan menghilangkan semua bahan kimia berbahaya di udara yang masuk ke rumah, sehingga dapat mempengaruhi kesehatan bagi penghuni rumah.

Dengan cara tersebut anda sudah menciptakan rumah sehat dengan tampilan lebih cantik, fresh dan nyaman. Untuk anda yang masih bingung dengan tanaman apa saja yang bisa diaplikasikan, berikut kami sajikan beberapa contoh tanamannya.

Lidah Buaya

Tanaman dalam rumah yang bikin tambah cantik hunian
Sumber: berita 99.co

Lidah buaya atau disebut dengan aloe vera adalah tumbuhan tanpa batang yaitu berbatang pendek dengan ketinggian hingga 60-100 cm dan dapat berkembang biak dengan tunas. Daunnya berbatang tebal, berwarna hijau keabuan, dan sebagian varietas memiliki bintik putih pada permukaan batangnya.

Lidah buaya adalah tanaman yang kaya akan manfaat dan dapat diletakkan di dalam ruangan karena tidak memerlukan banyak perawatan khusus, jadi cocok untuk interior hiasan.

Salah satu manfaat lidah buaya adalah untuk melembabkan dan menghaluskan kulit, rambut, dan mengobati luka bakar. Sekarang ini banyak sekali yang menjual produk dengan kandungan bahan dari aloe vera seperti produk kecantikan, pembersih dan pengharum ruangan.

Lidah buaya dapat membantu menyerap polusi bahan kimia di udara atau membersihkan udara secara alami. Meletakkan lidah buaya di dalam ruangan dapat dipercaya membuat tidur lebih nyaman, meskipun tidak memiliki aroma wangi tetapi lidah buaya bisa menenangkan pikiran dan mengurangi stres. 

Lavender

Tanaman dalam rumah yang bikin tambah cantik hunian
Sumber : pinterest.com

Lavender adalah tanaman pengusir nyamuk berwarna ungu yang indah dan aromanya membantu menenangkan pikiran serta mengurangi kecemasan pada saat terjadi insomnia. Tanaman ini sering kali kita jumpai di dalam rumah maupun di kamar tidur.  

Warna yang menarik mampu mengalihkan pandangan mata kita, Selain dijadikan tanaman aromatik, dapat juga diolah menjadi minyak wewangian dan bisa digunakan sebagai obat herbal guna mengobati berbagai masalah kesehatan.

Tanaman ini memiliki beberapa manfaat yaitu meningkatkan kualitas tidur, mengatasi sakit kepala, menangani masalah suasana hati, meredakan nyeri haid, mengurangi gejala kolik, membunuh virus dan bakteri berbahaya.

Bunga Peace Lily


Tanaman dalam rumah yang bikin tambah cantik hunian
Sumber: dekoruma.com

Peace lily adalah spesies tanaman hias bunga yang berasal dari keluarga Araceae. Tanaman tropis ini selalu hijau dan tumbuh subur di hutan, akan tetapi cocok juga digunakan di dalam ruangan rumah, karena memiliki kelembaban yang konsisten.

Tanaman ini tidak membutuhkan banyak sinar matahari langsung, meskipun di dalam ruangan tanaman ini bisa tetap mekar dengan daun hijau yang berukuran agak besar dan berkelopak berwarna putih cantik.

Tak hanya cantik, tanaman ini sangat bagus untuk menghasilkan ketenangan serta membuang racun dari udara dan menjaga rumahmu selalu fresh sehingga memberikan suasana bahagia bagi penghuninya. Tanaman pembawa hoki yang satu ini memiliki kemampuan untuk menyerap zat kimia beracun di dalam ruangan, seperti senyawa kimia pada cat dinding rumah atau pada peralatan rumah tangga.

Peace lily juga mampu mengurangi Spora jamur yang dibawah oleh udara dan berkembang di tempat yang lembab. Untuk seseorang yang alergi dan sensitif akan mengalami iritasi pada mata maupun kulit, serta gangguan saluran pernapasan. Jadi, perlu adanya tanaman ini di dalam rumah untuk menyerap udara di tempat yang lembab.

Lidah Mertua

Tanaman dalam rumah yang bikin tambah cantik hunian
Sumber: google.com

Lidah mertua mempunyai bentuk seperti mata pedang yang lancip ujungnya dan sering disebut tanaman pedang-pedangan. Tanaman ini cocok juga di letakkan di dalam ruangan karena mampu membuat udara disekitar menjadi segar dan dapat menyaring oksida berbahaya seperti karbon dioksida, formalin, dan benzena.  Sehingga tanaman ini bagus untuk seseorang yang memiliki alergi debu.

Tanaman ini tidak membutuhkan banyak cahaya, air dan perawatan khusus, jadi anda dapat menaruhnya di dalam ruangan terutama dekat pintu masuk, rak samping TV, kamar tidur, kamar mandi, dan area sudut ruangan.

Rosemary

Tanaman dalam rumah yang bikin tambah cantik hunian
Sumber: rumah.com

Tanaman berikut ini bernama latin Rosmarinus officinalis, yang berarti embun dari lautan. Rosemary memiliki daun oval memanjang dan meruncing pada bagian ujungnya, jika dilihat sekilas tanaman ini mirip pohon cemara.

Tanaman ini dapat meningkatkan konsentrasi pada aromanya sehingga cocok digunakan sebagai bahan bumbu masakan, daunnya juga dapat digunakan sebagai tambahan ke teh dan salad . Tanaman ini mengandung Vitamin A, B, dan C . Selain itu, juga mengandung 131 kalori per 100 gram.

Pohon ini dapat tumbuh hingga ketinggian 1-2 meter dan dapat tumbuh di daerah bercuaca panas ataupun dingin.

Tanaman rosemary ini cocok diletakkan di dalam ruangan karena memberikan kesejukan, kesehatan dan membuat rumah lebih menarik. Untuk Perawatannya, letakkan saja di pot dan taruh di dekat jendela dengan akses cahaya matahari dan disiram secara rutin.

© Jayaimperialpark.com

Itulah beberapa tanaman yang bisa anda coba terapkan beberapa tanaman dalam rumh yang bikin tambah cantik rumah anda. semoga artikel ini bermanfaat.

Editor: wdesain.com

Sumber:

  • berita 99.co
  • ©Jayaimperialpark.com
  • dekoruma.com
  • rumah.com
  • google.com
  • pinterest.com

Post a Comment for "Tanaman dalam rumah yang bikin tambah cantik hunian"