Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Desain tangga hemat ruang

wdesain.com-Meningkat rumah adalah salah satu solusi untuk menambah jumlah ruangan karena ketersediaan lahan yang sangat sempit. Untuk mempermudah akses pengguna rumah menuju lantai satu ke lantai dua, jadi dibutuhkan satu akses atau penghubung antar ruangan yang sering disebut dengan tangga rumah.

Desain tangga hemat ruang
Desain tangga hemat ruang

Dalam pemilihan desain tangga harus diperhatikan dari aspek luas tanah dan penempatannya, ini ditujukan agar ruangan didalam rumah tidak terlihat kecil. Nah kali ini mimin akan berbagai konsep tangga hemat ruangan, yuk kita simak 

Tangga model berbentuk “U”

Tangga model berbentuk U
Tangga model berbentuk "U"

model tangga U sering sekali kita jumpai karena space yang dibutuhkan untuk model tangga ini tidaklah terlalu banyak sehingga tidak menghabiskan ruangan di tempat tersebut.

karena tidak memakan banyak tempat atau ruang model tangga ini banyak diterapkan pada desain rumah minimalis atau rumah kecil yang memiliki ruangan sedikit sempit.

tangga model U sangat cocok untuk rumah desain minimalis, karena bentuknya yang berbelok arah sehingga cocok sekali untuk ruangan yang kecil, tangga seperti ini bisa dibuat mengarah ke kanan maupun ke kiri sesuai bentuk yang kita inginkan. 

Sumber gambar: homeshabby.com

Tangga model lurus

Tangga model lurus
Tangga model lurus

tangga model lurus banyak kita jumpai di rumah bergaya minimalis, ini dikarenakan modelnya yang sangat efisien dan simpel. 

walaupun modelnya sangat sederhana, tangga lurus ini justru mempunyai kelebihan dari jenis tangga yang lainnya, karena di bawah anak tangga bisa dibuatkan ruang penyimpanan seperti lemari dan laci.

Tangga model lurus ini ternyata bisa menghemat biaya pembuatannya, karena desain yang simpel dan tidak memiliki struktur pendukung bagian atas dan bawah.  Sumber gambar: thedesignstory

Tangga model melayang 

Tangga model melayang
Tangga model melayang

Sekilas tangga model melayang pastinya sangat menarik kan? Betul sekali, tangga model ini sangatlah unik, karena pada pijakan anak tangga memiliki efek visual seperti melayang tanpa ada pegangan. 

Anak tangga melayang lebih cocok digunakan pada hunian yang tidak terlalu luas, karena tangga model melayang ini tidak terlalu banyak membutuhkan komponen pendukung. Dampaknya rumah lebih terkesan luas dan unik. 

Tangga model spiral
Tangga model spiral

Lebih dari sekedar fungi,Tangga spiral merupakan tangga yang paling unik karena bentuknya memutar dengan lekukan yang menambah kesan mewah. 

Biasanya material yang digunakan adalah besi. Yang pijakan kakinya berbahan dasar kayu agar terlihat lebih hangat. 

Tangga spiral banyak diminati karena ukurannya yang tidak terlalu menghabiskan ruangan, karena bentuknya yang menjulang ke atas. 

Tangga ini sering kita jumpai di kafe kafe yang mengusung tema kekinian, karena tangga model ini sangatlah unik untuk dipandang anak muda jaman sekarang, tidak sedikit banyak anaka muda yang ingin berfoto di tangga spiral unik agar terlihat viral. 

Tangga model zig-zag

Tangga model zig-zag
Tangga model zig-zag

Tangga model zig-zag adalah tangga yang paling unik, karena dalam penyusunan lantai tangga dibikin tidak beraturan atau zig-zag. Model tangga yang seperti ini paling diminati para pemilik rumah yang mengusung konsep modern minimalis. 

Tangga zig-zag memiliki dua tumpuan, yang satu bertumpu pada dinding tembok, yang satu menggantung pada tiang yang menempel pada atap tangga. 

Selain desain yang unik,  terdapat kelemahan pada tangga model zigz-zag ini. Tangga zig-zag kurang ramah pada pengguna anak dibawah umur karena rawan terjatuh. Ini bisa terjadi karena anak harus melangkahkan kaki dari anak tangga satu ke anak tangga yang lainnya tidak rata ketinggian kakinya.

Namun tangga model seperti ini masih bisa kita gunakan untuk area ruko atau perkantoran yang rata rata pengguna anak tangga adalah usia dewasa yang tentunya bisa lebih berhati-hati,

desain tangga hemat ruang
Desain tangga sempit sederhana terbaru, sumber: IDNTimes

Nah, diatas adalah sumber inspirasi desain tangga yang hemat ruangan sobat. Sebelum mengaplikasikan dalam rumah, sebaiknya sobat harus menyesuaikan luas dan bentuk dari rumah sobat sekalian, ini dimungkinkan untuk mengurangi kesalahan bentuk dan ukuran agar rumah yang tidak terlalu luas dapat memiliki anak tangga yang modern tapi tidak menghabiskan banyak ruang. Semoga bisa dijadikan sumber inspirasi tangga rumah sobat sekali yah.

Post a Comment for "Desain tangga hemat ruang"