Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Desain Ruang Makan Menyatu Dengan Dapur

wdesain.com - Dalam suatu bangunan rumah pasti memiliki ruang yang tidak kalah penting keberadaanya. Benar sekali, ruang makan dan dapur adalah dua fungsi ruang yang pastinya ada di dalam rumah. Sering kali dua ruangan ini berada pada bagian belakang rumah. Untuk rumah yang sudah mengusung konsep praktis dan minimalis, sering kali kedua fungsi ruangan di desain menjadi satu ruangan agar lebih praktis dan menghemat ruangan.

Desain Ruang Makan Menyatu Dengan Dapur
Desain Ruang Makan Menyatu Dengan Dapur

Desain ruang makan yang menyatu dengan dapur sangat menguntungkan bagi seorang ibu yang sedang menyiapkan hidangan makanan agar langsung tersaji untuk keluarga tercinta atau menjamu tamu yang sedang berkunjung ke rumah saat jam makan.  Nah kali ini mimin ingin berbagi inspirasi desain ruang makan yang menyatu dengan dapur.


Desain Ruang Makan Menyatu Dengan Dapur
sumber: magzhouse

Untuk sobat yang memiliki luas bangunan yang tidak terlalu luas, konsep desain minimalis dan rapi seperti ini sangat cocok digunakan sebagai acuan untuk membangun konsep dasar ruang makan yang menyatu dengan dapur. Desain ini memang sangat memaksimalkan luas ruangan yang terbatas, bisa kita kreasikan dengan dapur dan ruang makan yang saling tidak berhadapan. Ruang makan cukup yang praktis saja, dengan memasang meja yang menempel pada dinding, dan juga bisa dilipat apabila membutuhkan ruang gerak untuk memasak.


 

Desain Ruang Makan Menyatu Dengan Dapur
Sumber
Instagram/desainruangmakan

Jangan cemas apabila kita bertempat tinggal di perumahan yang luasnya tidak terlalu luas, tapi ingin memiliki ruang makan dapur agar dapat memasak dan langsung bisa menyajikannya di meja makan. Apabila kita punya ruang samping yang tidak terpakai, kita bisa memodifikasi dengan mendekorasi dengan konsep desain yang minimalis tapi lebih mengedepankan fungsi. Pertama pemilihan warna yang cerah karena warna cerah dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Seperti contoh gambar diatas, sudut ruangan digunakan sebagai tempat memasak dan sekaligus mencuci piring, sedangkan mundur kebelakang diberikan meja makan dan kursi yang diletakkan menempel pada tembok, ini ditujukan agar sisi sebelah bisa digunakan akses jalan menuju tempat memasak. Agar pencahayaan dapur lebih maksimal, kita bisa menggunakan atap fiber agar lebih memaksimalkan cahaya yang masuk dan menghemat penggunaan energi listrik di pagi hari. 


Desain Ruang Makan Menyatu Dengan Dapur
Sumber: Instagram/dekorasidapur

Konsep desain dapur dengan tema warna putih sangat mencerminkan dapur yang sangat bersih dan sehat. Dapur seperti ini sangat diminati karena dipadukan dengan meja makan dan ornamen yang sangat minimalis. Dari stiker tulisan yang menempel pada dinding, ada juga kabinet sebagai tempat penyimpanan peralatan dapur. Tidak ketinggalan ada juga pot pot kecil yang ditaruh pada ambalan dinding. Meletakan tumbuhan pada suatu ruangan akan menimbulkan kesan segar. Pemilihan meja makan dan kursi yang minimalis sangatlah menguntungkan, karena dapat memberikan ruang lebih untuk ruang gerak dalam beraktivitas di dapur dan tidak terlalu menghabiskan banyak ruangan.

Desain Ruang Makan Menyatu Dengan Dapur
Sumber
Instagram/101rumahimpian.id

Konsep desain dapur dan ruang makan ini sangat bagus dari segi pencahayaan. Dapur yang memiliki jendela sangat diuntungkan, karena asap dari dapur bisa  keluar ruangan dan digantikan dengan udara bersih dari luar. Paduan tumbuhan hijau yang diletakan dalam ruangan juga bisa menyerap udara kotor. Desain dapur seperti ini masih mengusung konsep minimalis, ini terlihat dari penggunaan meja makan yang kecil dengan penggunaan dua kursi saja. Walaupun demikian ruangan kecil ini dapat diletakkan kulkas di dalamnya. Lemari penyimpanan yang menempel pada dinding membuat kesan rapi.

Desain Ruang Makan Menyatu Dengan Dapur
cr:instagram/pipitesew

Dapur kecil seperti diatas, bisa kita kreasikan dengan perpaduan warna yang unik, seperti wallpaper warna merah yang nelambangkan kemewahan, pada kabinet bawah diberi dua warna yang berbeda. Tenang saja kalau sobat punya dua anak tapi ingin makan bersama, pemilihan meja dan kursi makan diets bisa jadi solusi inspirasinya.

Desain Ruang Makan Menyatu Dengan Dapur
Desain Ruang Makan Menyatu Dengan Dapur


Nah sobat semuanya, demikian inspirasi desain ruang makan yang menyatu dengan dapur. Semoga bisa menjadi solusi dalam keterbatasan lahan tapi bisa memiliki satu ruangan tapi memiliki dua fungsi dalam bangunan rumah. 

Sumber :
  • instagram/pipitesew
  • Instagram/101rumahimpian.id
  • Instagram/dekorasidapur
  • Instagram/desainruangmakan
  • magzhouse



Post a Comment for "Desain Ruang Makan Menyatu Dengan Dapur"