Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya yang bisa ditanam di Sekitar Rumah

Tanaman obat sudah digunakan sebagai obat tradisional sejak zaman nenek moyang. Tanaman obat dipercaya lebih aman dan minim efek samping dibandigkan dengan obat kimia. Ternyata banyak sekali tanaman obat yang mudah ditemukan dan bisa ditanam di pekarangan rumah , sehingga anda mudah untuk mengonsumsinya. Berikut penjelasan mengenai jenis tanaman obat dan manfaatnya yang bisa ditanam di sekitar rumah.

jenis tanaman obat
Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya

1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tanaman lidah buaya mudah ditemukan di Indonesia. Lidah buaya memiliki beberapa manfaat, di antaranya digunakan sebagai bahan dalam produk kecantikan seperti menutrisi rambut dan melembabkan kulit, sebagai pertolongan pertama luka bakar, mengobati luka, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Dari sekian banyak manfaat lidah buaya, tanaman ini sangat cocok ditanam di pekarangan rumah Anda sebagai tanaman obat. Selain itu, tanaman lidah buaya juga sangat mudah perawatannya, Anda hanya perlu meletakkannya di area yang memiliki akses sinar matahari dan disiram air yang cukup.

jenis tanaman obat
Pexels/Cecilia Tommasini



2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga merupakan salah satu tanaman obat yang memiliki berbagai manfaat. Vitamin C yang dikandungnya baik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, dengan rutin mengonsumsi air jeruk nipis, sistem kekebalan tubuh akan meningkat, dapat mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah batu ginjal, membantu mempercepat penyerapan zat besi, dan dapat menjaga kesehatan kulit.

jenis tanaman obat
sehatq.com


3. Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing seringkali diabaikan oleh sebagian orang, menganggap tanaman tersebut hanyalah tanaman liar biasa. Namun siapa sangka, ternyata kumis kucing merupakan tanaman obat yang memiliki berbagai manfaat lho. Tanaman kumis kucing dapat merangsang ginjal untuk mengeluarkan bakteri penyebab batu ginjal di kandung kemih. Selain itu, kumis kucing juga dapat membantu masalah pernapasan, menurunkan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah, dan masih banyak manfaat lainnya.

jenis tanaman obat
suara.com


4. Jahe

Tanaman jahe merupakan salah satu tanaman yang terkenal di Indonesia dengan berbagai manfaat untuk kesehatan. Tanaman jahe dapat mengatasi gangguan pencernaan, mual, muntah, sakit kepala, vertigo, meredakan nyeri sendi dan rematik. Namun saat mengonsumsi jahe sebaiknya tidak berlebihan ya. Karena jika terlalu banyak mengkonsumsi jahe dapat menimbulkan efek samping, seperti perut kembung, mulas bahkan iritasi pada mulut.

jenis tanaman obat
tabloidsinartani.com/Sinta


5. Daun Sirih

Daun sirih telah dikenal sebagai tanaman obat sejak zaman dahulu. Pada zaman dahulu banyak orang yang mengkonsumsi buah pinang, karena dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Kandungan antioksidan taninnya mampu mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, daun sirih juga dapat bermanfaat sebagai antidiabetes, antikanker, antibakteri, antimalaria, antiasma, penurun kadar kolesterol, menjaga kesehatan gigi dan mulut, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

jenis tanaman obat
ixsmadenpasar.sch.id


6. Bunga Chamomile

Tanaman chamomile selain memiliki bunga yang indah ternyata juga memiliki banyak manfaat lho. Anda bisa mengolahnya menjadi teh sebagai obat tradisional. Bunga ini dipercaya dapat mengobati flu, pilek, mengontrol gula darah, dan menyembuhkan nyeri haid. Tanaman ini sangat cocok sebagai tanaman hias sekaligus tanaman obat. Anda bisa menanamnya di pot atau langsung di tanah.

jenis tanaman obat
theasianparent.com


7. Serai

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata serai juga bisa digunakan sebagai obat lho. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, tanaman serai mengandung sifat antibakteri dan antijamur, serta mengandung antioksidan. Tanaman serai dapat mengatasi gangguan pencernaan, mengontrol tekanan darah, mengeluarkan racun dalam tubuh, mengontrol gula darah, dan dapat menjaga kesehatan kulit karena mengandung vitamin C. 

jenis tanaman obat
Orami Photo Stock


Itulah beberapa jenis tanaman obat dan manfaatnya yang bisa ditanam di sekitar rumah. Terimakasih telah menyimak artikel ini hingga akhir, semoga artikel ini bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi sahabat w.desain semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, ya!

Sumber Referensi :
https://www.popmama.com/
https://www.sehatq.com/
https://www.suara.com/
https://sixsmadenpasar.sch.id/
https://id.theasianparent.com/
https://www.orami.co.id/


Post a Comment for "Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya yang bisa ditanam di Sekitar Rumah"