Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Desain Mushola Minimalis Dalam Rumah

Desain Mushola Minimalis Dalam Rumah - Kadang, untuk mendapatkan shalat yang khusyu, seseorang membutuhkan ruang khusus untuk shalat. Ia kan? Bahkan, tidak sedikit yang mengakui, bahwasanya shalat di tempat yang memang khusus untuk shalat akan menghadirkan sensasi beribadah yang lebih nyaman dan tingkat kekhusyuan meningkat. Inilah mengapa banyak  orang yang merasa lebih nyaman melaksanakan shalat di masjid atau mushalla dekat rumah. Tapi untuk saat ini, rasanya masih agak tidak mungkin untuk melaksanakan hal tersebut, mengingat kondisi yang masih pancemi, dan padanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat. Di mana, semua orang meski membatasi kegiatannya di luar rumah. Termasuk ke masjid. 

Desain Mushalla Minimalis Dalam Rumah
Desain Mushalla Minimalis Dalam Rumah

Nah, jika sudah seperti ini, tentu akan membuat banyak orang agak terganggu konsentrasinya. Maka, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membangun mushalla sendiri di rumah. Jadi, meskipun nuansa masjid dengan mushalla di rumah berbeda, paling tidak, dengan shalat di mushalla rumah bisa membuat kamu lebih khusyu jika dibandingkan dengan shalat di kamar atau ruang tengah. Ia kan? Jika memang saat ini rasanya masih belum memungkinkan untuk membangunnya, maka tidak apa-apa. Paling tidak kamu mempunyai niat. Nah, selain membutuhkan niat, kamu juga membutuhkan yang namanya desain mushallanya nih. Ia kan? Oke, daripada penasaran, berikut ini adalah beberapa desain mushallah minimalis dalam rumah yang bisa banget kamu tiru. Yuk simak daftarnya berikut. 

Mushalla nuansa hijau


Desain Mushalla Minimalis Dalam Rumah
Desain Mushalla Minimalis Dalam Rumah

Ada yang suka warna hijau? Kayaknya banyaknya. Ya, karena kita tidak bisa memungkiri, bahwasanya warna hijau merupakan warna yang sangat banyak disukai oleh manusia. Karena memang, warna hijau itu menyegarkan aja gitu. Bahkan terkesan ngademin. Nah, untuk mushalla satu ini dibuat dengan menggunakan nuansa hijau. Di mana, ia dibuat dengan dua sisi. Satu sisinya adalah hamparan hijau, dan yang satunya lagi adalah hamparan sajadah. Dengan nuansa hijau yang dic iptakan, tentu akan sangat membuat ibadah kamu bertambah nyaman dan khusyuk. Di dalamnya sudah dibekali dengan rak bunga dan beberapa bunga-bungaan yang menambah asri mushalla tersebut. 

Ruang terbuka



Desain Mushalla Minimalis Dalam Rumah
Desain Mushalla Minimalis Dalam Rumah

Ruang terbuka? Maksud dari desain mushalla minimalis dalam rumah ruang terbuka ini bukan mushalla yang dibangun di ruang terbuka, atau di luar rumah ya. Melainkan dibangun di dalam rumah, hanya saja, ia dibuat dengan tidak menyediakan sebuah ruangan yang berbentuk persegi misalnya. Melainkan hanya dibangun dengan membuat tanda bahwa lokasi tersebut adalah mushalla. Caranya ialah dengan meletakkan karpet yang ada sajadahnya, kemudian menambahkan kaligrafi yang lumayan besar. Dan ditambahkan pula dengan rak kecil untuk meletakkan mushalla. Meskipun tidak disediakan ruang khusus, namun penyediaan spacenya juga tergolong bagus. Karena hanya dengan melihat perlengkapannya saja semua orang akan tahu, bahwa tempat tersebut adalah sebuah mushalla.  Mushalla satu ini sih didesain sangat apik ya. Ia dihias dengan beberapa tanaman hijau yang menyegarkan 

Mushalla ruang kecil

Desain Mushalla Minimalis Dalam Rumah
Desain Mushalla Minimalis Dalam Rumah

Nah untuk desain mushalla yang satu ini justru kebalikan dari desain sebelumnya. Di mana, ia diletakkan di sebuah ruang kecil yang unik. Desainnya bahkan nyaris sama seperti mushalla pada umumnya. Bgaian dindingnya dibuat tulisan kaligrafi, kemudian di sudutnya disediakan tempat untuk meletakkan perlengkapan shalat. Uniknya, mushalla satu ini diletakkan tepat bersebelahan dengan ruang terbuka.  Sehingga akan menjadikannya tambah nyaman. Bahkan, agar kesannya tetap hidup, maka pembatas antara ruang mushallanya dengan bagian luar adalah kaca yang tembus pandang. Memang, khusyu itu tidak tergantung pada tempatnya. Namun tidak sedikit orang yang bisa khusyu jika di tempat yang pas. Ia kan?

Mushalla rasa masjid



Desain Mushalla Minimalis Dalam Rumah
Desain Mushalla Minimalis Dalam Rumah

Desain mushalla yang selanjutnya adalah mushalla yng didesain nyaris seperti masjid. Bagian dindingnya ditempelkan dengan beberapa tulisan kaligrafi yang dipigura, kemudian bagian kiblatnya dibentuk dengan bentuk masjid. Ada lafzad Allahnya. Dan yang menariknya, itu adalah sebuah lemari. Sehingga bisa sekaligus digunakan untuk meletakkan al-Quran atau yang lainnya. 


Desain Mushalla Minimalis Dalam Rumah
Desain Mushalla Minimalis Dalam Rumah

Itulah dia beberapa desain mushalla minimalis dalam rumah yang bisa banget kamu amati, tiru, dan modifikasi. Yuk segera rencanakan dan realisasikan. Semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Desain Mushola Minimalis Dalam Rumah"