Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanaman Pembersih Udara dalam Ruangan

Banyak sekali masyarakat Indonesia yang menyukai atau bahkan hobi merawat tanaman hias. Tanaman hias banyak sekali jenisnya, ada yang hanya sekedar sebagai hiasan sebagai sarana untuk memanjakan mata dan ada juga yang bisa bermanfaat bagi kesehatan salah satunya adalah sebagai pembersih udara di dalam ruangan anda. Tidak semua tanaman hias memiliki manfaat sebagai pembersih udara di dalam ruangan, namun anda tidak perlu khawatir jika anda ingin mengetahui lebih jauh tanaman hias apa saja yang bisa bermanfaat sebagai pembersih udara di dalam ruangan. Berikut telah kami kumpulkan beberapa tanaman hias yang bermanfaat sebagai pembersih udara di dalam ruangan.

tanaman hias
Tanaman Pembersih Udara dalam Ruangan

1. Tanaman Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam menyerap racun seperti karbon dioksida, benzene, xylene, trichlorethylene, dan formaldehyde yang bisa menyebabkan penyakit kanker pada manusia. Selain itu lidah mertua juga ampuh dalam menyaring polusi udara dan bisa berperan sebagai pemasok oksigen. Lidah mertua juga bisa menyerap radiasi loh, jadi sangat cocok diletakkan di dalam ruangan yang banyak terpapar oleh radiasi barang-barang elektronik seperti, tv, hp, laptop/komputer, dsb. Jadi, dengan menanam lidah mertua di dalam ruangan sangat menguntungkan dan banyak sekali manfaatnya.

tanaman hias


2.  Bunga Peace Lily

Tanaman peace lily memilki bunga yang unik dan indah yang berwarna putih. Bunga yang cantik dan elegan ini sangat cocok dugunakan sebagai tanaman hias di dalam ruangan. Selain bunganya yang cantik, tanaman ini juga bermanfaat untuk menyaring racun-racun di udara yang berupa formalin, benzana, dan zat VOCS sehingga ruangan anda bebas dari polusi udara.

tanaman hias

3. Tanaman Aglaonema

Tanaman ini lebih populer dikenal dengan nama tanaman "Sri Rejeki". Tanaman Aglaonema memiliki banyak varian warna corak daun. Tanaman ini sangat cocok untuk diletakkan di dalam ruangan, karena tanaman aglaonema dapat tumbuh dengan mudah, bahkan di tempat yang rendah intensitas cahayanya dan tempat yang lembab sekalipun. Selain itu, tanaman aglaonema juga bisa bermanfaat untuk menyaring udara yang kotor  pada ruangan anda kerena tanaman ini mampu menyaring zat racun seperti polutan karbon monoksida, benzene, formalin, formaldehida, dan trikloroetilen. Namun jika anda memiliki hewan peliharaan, anda harus berhati-hati dalam meletakkan tanaman tersebut, karena jika tanaman tersebut tergigit ataupun tertelan oleh binatang anda bisa meracuni binatang peliharaan anda. Kami sarankan, sebaiknya tanaman ini diletakkan ditempat yang sulit dijangkau oleh binatang peliharaan Anda.

tanaman hias


4. Sirih Gading

Sirih Gading merupakan salah satu tanaman hias yang paling populer di era sekarang. Bentuk daunnya yang cantik dan unik menjadikan tanaman ini sangat cocok dipadukan dengan dekorasi interior pada ruangan Anda. Tanaman ini juga sangat mudah tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia. Namun siapa sangka, ternyata tanaman sirih gading juga mampu menyaring racun di udara seperti benzene, formaldehyde, serta xylene yang biasanya ditemukan di cairan detergen, cat, cairan pembersih kaca, tissue, dll. Jika anda memiliki hewan peliharaan anda harus berhati-hati dalam meletakkan tanaman ini, karena bisa meracuni hewan peliharaan anda jika tergigit.

tanaman hias

5. Lidah Buaya

Selain bisa mengobati luka dan menjaga kencantikan kulit, ternyata lidah buaya juga bisa membersihkan racun pada udara, loh. Tanaman lidah buaya bisa mengeluarkan zat O2 pada malam hari, serta dapat melepaskan zat volatile yang memberikan efek positif pada tubuh dan bisa menyalurkan energi ketenangan ketika anda meletakkan tanaman ini di kamar tidur .

tanaman hias


6. Tanaman Laba-Laba (Spider Plant)

Tanaman laba-laba sangat cocok diletakkan di dalam rumah, karena perawatannya yang mudah, Anda cukup menyiramnya sehari sekali. Tanaman ini dapat menghasilkan bunga berwarna putih yang memberikan kesan natural pada ruangan Anda. Selain itu, tanaman ini juga bermanfaat untuk menyaring udara kotor pada ruangan anda yang berupa racun kimia formaldehida dan xylene. Anda tidak perlu kawatir, tanaman ini tidak beracun, sehingga aman untuk diletakkan di sudut manapun yang anda inginkan.


tanaman hias


Tanaman Hias Sedot Racun Udara Buat Rumah Lebih Sehat

Itulah kumpulan beberapa tanaman pembersih udara dalam ruangan dari kami. Terimakasih telah menyimak artikel ini hingga akhir, semoga artikel ini bisa bermanfaat, sampai juma di artikel selanjutnya, ya!

Sumber referensi :
https://www.medcom.id/
https://www.99.co/
https://www.cnnindonesia.com/
https://indonesiatatler.com/
https://www.brilio.net/
https://kids.grid.id/

Post a Comment for "Tanaman Pembersih Udara dalam Ruangan"