Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memaksimalkan Desain Rumah Sederhana 3 Kamar dengan Lebih Efektif

Ada banyak hal yang bisa dilakukan terhadap sebuah hunian tempat tinggal, termasuk memaksimalkan desain rumah sederhana 3 kamar. Seperti yang sudah diketahui bahwa saat ini tidak banyak orang memilih rumah besar. Namun lebih memilih tempat tinggal minimalis dan sederhana, namun tetap memberikan kesan mewah.

Desain Rumah Sederhana 3 Kamar
Desain Rumah Sederhana 3 Kamar

Jika tempat tinggal berukuran besar, maka tidak perlu khawatir memaksimalkan setiap bagian ruangan. Ada cukup lahan untuk membuat ruangan satu dengan bebas tanpa hambatan. Namun bagi pemilik lahan sempit tentu harus memikirkan ulang hal tersebut. Daripada membangun banyak ruangan maka lebih baik memaksimalkannya saja.

Rumah sederhana dan minimalis memang sudah terbiasa dengan konsep sedikit ruangan. Hal tersebut memang karena untuk memaksimalkan setiap tempat supaya tidak sia-sia. Namun sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan setiap ruangan. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir lagi terhadap tempat tinggal tersebut.

Konsep Hunian dengan Sistem Bertingkat

Desain Rumah Sederhana 3 Kamar
Desain Rumah Sederhana 3 Kamar

Salah satu memaksimalkan desain rumah sederhana 3 kamar adalah dengan menerapkan konsep bangunan bertingkat. Jika Anda hanya memiliki beberapa petak tanah, maka sebaiknya menggunakan konsep bangunan bertingkat. Jadi untuk bagian bawah diisi dengan dapur, ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, dan beberapa ruangan lain.

Untuk bagian atas bisa di manfaatkan dengan membangun beberapa kamar sekaligus. Namun tentu saja hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bisa menambah kamar atau menambah beberapa ruangan lain. Jadi sesuai dengan kebutuhan serta berapa jumlah anggota keluarga yang sedang tinggal dan menetap.

Biasanya jika menggunakan konsep bangunan bertingkat, ruang atas hanya untuk beberapa kamar saja. Bukan sebagai ruang atau kamar utama karena letaknya jauh dari dapur dan ruang keluarga. Banyak hunian yang sudah jadi menempatkan hampir seluruh ruangan utama di lantai bawah karena untuk memudahkan aktifitas keluarga.

Dapat Memaksimalkan Fungsi Ruangan

Desain Rumah Sederhana 3 Kamar
Desain Rumah Sederhana 3 Kamar

Jika tidak menggunakan konsep bangunan bertingkat, maka Anda bisa memaksimalkan setiap ruangan yang ada. Biasanya jika dalam sebuah hunian yang ukurannya cukup besar, ada beberapa ruangan sekaligus didalamnya. Anda bisa memanfaatkan setiap ruangan sebagai kamar untuk tempat tidur anggota keluarga yang sedang menginap.

Jika ada ruangan kosong, maka jangan pakai sebagai tempat menyimpan barang. Namun gunakanlah sebagai sebuah ruang tempat tidur terlebih dahulu. Meskipun nanti tidak terpakai, namun setidaknya tidak ada ruang kosong sia-sia. Hal tersebut juga untuk antisipasi ketika ada tamu dari jauh yang ingin menginap.

Desain rumah sederhana 3 kamar bisa dicapai ketika Anda bisa memaksimalkan setiap sudut ruangan. Jangan biarkan ada satu ruang kosong karena nanti akan lebih mudah kotor dan tidak terawat. Jadi setidaknya jika ingin mempermudah perawatan, maka maksimalkan setiap ruang dalam hunian dengan tepat.

Memilih Hunian Tertentu

Desain Rumah Sederhana 3 Kamar
Desain Rumah Sederhana 3 Kamar

Jika Anda ingin memiliki desain rumah sederhana 3 kamar, maka bisa mencari sebuah hunian dengan kualifikasi tertentu. Biasanya pada setiap iklan dari pengembang, ada beberapa kualifikasi rumah yang disebutkan. Misalnya adalah 3 kamar, 1 ruang tamu, dan sebagainya yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan keluarga.


Jika menemukan hunian dengan kualifikasi seperti itu, Anda tidak perlu melakukan menambah dekorasi ruangan. Selain akan menambah biaya, namun juga membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk menambah dekorasi ruangan. Karena itu, mungkin saja Anda lebih baik memilih sebuah hunian dengan kualifikasi tertentu tersebut.

Pemilihan Furniture Tepat

Untuk memaksimalkan setiap ruang tanpa mengurangi kenyamanan ketika dipakai, Anda bisa memaksimalkan pemilihan furniture. Mengapa demikian? Saat ini ada efisiensi furniture yang bisa digabungkan dengan furniture lain. Misalnya meja yang sekaligus bisa dipakai untuk kursi atau tempat lain tanpa mengurangi fungsi dan nilai estetikanya.

Bahkan di beberapa rumah juga sudah menerapkan bagian bawah tangga untuk lemari pakaian demi menghemat ruang. Dengan cara seperti itu, maka bagian kamar yang terbatas jumlahnya tidak sesak dengan berbagai furniture. Cukup memanfaatkan setiap sudut ruangan demi memaksimalkan fungsi ruang demi kenyamanan keluarga.

Memaksimalkan setiap fungsi ruang kamar adalah sebuah prioritas ketika memiliki hunian terbatas. Misalnya rumah minimalis yang biasanya hanya beberapa petak lahan saja. Jadi perlu ada efisiensi sehingga bagian dalam rumah tetap nyaman. Misalnya pada desain rumah sederhana 3 kamar yang perlu adanya efisiensi dekorasi.

Kesimpulan: Untuk mendapatkan desain rumah sederhana 3 kamar, maka Anda perlu melakukan beberapa tips yang bisa membantu seperti efisiensi ruangan dan dekorasi.

Post a Comment for " Memaksimalkan Desain Rumah Sederhana 3 Kamar dengan Lebih Efektif"