Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inspirasi Desain Rumah Sederhana di Desa Agar Terlihat Asri

Merancang desain rumah sederhana di desa sebenarnya tidak terlalu sulit. Karena, bahan utama yang digunakan hanya kayu saja. Sebagai material alami, bahan bangunan ini mempunyai beragam fungsi. Salah satunya menyerap karbon dioksida. Inilah alasan mengapa hunian di kawasan pedesaan lebih nyaman dan asri.

Kayu bisa menjadi insolator terbaik yaitu, sebuah benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Hal ini bisa Anda rasakan saat siang hari, cuaca di luar panas ketika masuk ke dalam Rumah terasa lebih dingin. Kondisi akan terbalik saat cuaca sedang dingin, dalam ruangan lebih hangat.

Anda juga bisa memanfaatkan keadaan sekitar sebagai bagian dari konsep. Sebagai contoh, sebelum membangun, lahan tersebut sudah tumbuh subur pohon mangga. Sekitar area tersebut dapat digunakan sebagai bagian area taman. Coba tambahkan beberapa tanaman seperti Anggrek atau mawar agar nuansa taman lebih hidup.

Agar tampak berkarakter, berikan warna kuning pada bagian depan. Kemudian untuk pintu sebagai akses masuk coba beri saja corak cokelat. Inspirasi lainnya menggunakan warna lebih gelap. Misalkan, cokelat dan putih, abu-abu, atau hijau tua. Aksen pintu masih tetap cokelat.

Tampilan Elegan Hanya dengan Kayu


Desain Rumah Sederhana
Desain Rumah Sederhana


Desain rumah sederhana di desa tampil lebih elegan dan terkesan mewah hanya menggunakan kayu saja. Inspirasinya cukup banyak, bagian depan menuju ke ruang utama diberi tangga ke atas. Seperti, hunian panggung tambahkan meja serta kursi. Lebih baik lagi mempunyai halaman cukup luas untuk taman.

Sediakan lahan kecil untuk tempat mobil. Atau beberapa motor, setidaknya lima atau enam. Selain area parkir, laha tersebut bisa digunakan untuk bermain. Kesan elegan bisa terlihat dengan pemilihan kayu. Cara memilihnya mudah, lihat seluruh bagiannya hindari keretakan serta bercak seperti jamur.

Persiapkan amplas sedikit kasar, tekniknya tidak boleh sembarangan, lihat pada permukaannya. Sudah halus atau belum, finishing terakhir pastikan bahan bangunan tersebut terbebas dari debu serta lem. Selanjutnya, beli cat kayu dengan warna cerah material tersebut tampak mengkilap.

Menggunakan Konsep Gaya Kolonial Belanda

Desain Rumah Sederhana
Desain Rumah Sederhana

Inspirasi desain rumah sederhana di desa bisa dengan gaya kolonial Belanda. Walaupun, terlihat kuno. Namun terlihat menarik, memunculkan kesan romantis dengan tambahan kursi di bagian depan serta halaman luas beserta rerumputan hijau. Tidak ada salahnya menambahkan tanaman seperti, kuping gajah, gelombang cinta bersama pot klasik. 

Ciri khas utama dari kolonial ini adalah tersedia banyak jendela. Biasanya ditempatkan setiap sudut. Akses pintu masuk tidak di bagian depan. Melainkan samping setelah jendela utama. Didominasi corak putih serta genting merah. Konsep seperti ini memang cocok untuk wilayah pedesaan terutama daerah dataran tinggi.

Bangunan Khas Dinding Anyaman


Desain Rumah Sederhana
Desain Rumah Sederhana
Desain rumah sederhana di desa selanjutnya, cobalah menggunakan dinding anyaman. Motif yang tersedia cukup banyak dan bervariasi. Konsep seperti ini memberikan kesan hangat. Sediakan sedikit halaman untuk kolam ikan pada bagian samping, serta selokan sebagai bagian dari pembuangan air.

Oleh karena itu, sediakan tanaman hijau dengan pot lebih besar. Tempatkan pada pinggir kolam sebagai pembatas. Aksen gelap perpaduan cokelat serta merah tua merupakan pilihan tepat. Anda bisa membangunnya dengan dua teras dekat pintu utama, serta bagian samping di depan kolam.

Bambu merupakan material bagus, lebih kuat bila dibandingkan dengan baja. Konsep seperti ini menjadi inspirasi beberapa hunian di Jepang. Mereka sudah membuktikan bila bahan bangunan tersebut tahan terhadap gempa bumi. Strukturnya cukup ringan, bisa diangkat serta tahan lama. Bahkan, usianya mampu mencapai puluhan tahun.

Menggunakan Atap yang Menjulang Tinggi

Desain Rumah Sederhana
Desain Rumah Sederhana

Desain rumah sederhana di desa terakhir yang dijadikan inspirasi adalah atap tinggi menjulang. Bentuknya mirip trapesium untuk dua lantai. Sediakan tempat pada bagian atas untuk teras. Tambahkan meja serta kursi, agar saat sore atau bisa dapat duduk santai melihat keadaan sekitar.

Teras depan lebih baik agak sempit. Tetapi, punya halaman lebih luas sebagai bagian dari taman. Mempunyai satu jendela pada bagian bawah serta atas sebagai sirkulasi udara. Agar tidak terlalu gelap dan lebih hemat listrik. Tambahkan atap kaca agar sinar matahari bisa masuk ke dalam.

Maksimalkan, bagian samping untuk kaca, agar ruangan terkesan luas. Sebelum membangun hunian, pastikan lahan Anda luas. Karena, pedesaan masih banyak pohon tinggi. Bila dipadu padankan bersama tanaman serta warna cat yang tepat desain rumah sederhana di desa akan tampak elegan dan mewah.

Kesimpulan: Ada banyak desain Rumah sederhana di desa cukup menarik dijadikan sebagai inspirasi. Menggunakan material kayu membuat suasananya terkesan asri dan elegan.

Post a Comment for " Inspirasi Desain Rumah Sederhana di Desa Agar Terlihat Asri"