Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Desain Rumah Sederhana Tapi Terkesan Mewah yang Bisa Dipakai

Desain Rumah Sederhana Tapi Terkesan Mewah
 Desain Rumah Sederhana Tapi Terkesan Mewah 

Saat ini, orang lebih memilih desain rumah sederhana tapi terkesan mewah sebagai tempat tinggal. Ada banyak faktor mengapa orang lebih memilih hunian seperti ini daripada hunian besar dan mewah. Memang setiap orang punya selera masing-masing sehingga tidak ada yang salah dengan pemilihan tempat tinggal.

Saat ini ada banyak memang pilihan tempat tinggal, bukan hanya di kota besar namun ada juga daerah pedesaan. Terlepas dari pemilihan lokasi, biasanya konsep tempat tinggal menjadi pilihan penting. Misalnya adalah mempertimbangkan tingkat kenyamanan ketika ditinggali bersama keluarga sehingga bisa hidup dengan tenang.

Namun, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ada beberapa konsep yang banyak tidak orang tahu terhadap rumah sederhana namun mewah. Ada beberapa elemen yang bisa Anda dapatkan ketika menempati rumah seperti ini. Lalu elemen apa saja yang ada pada rumah sederhana minimalis?

Menggunakan Konsep Geometris

Alasan mengapa disebut sebagai minimalis adalah karena bentuk tempat tinggal yang menggunakan konsep geometris. Artinya bentuk bangunan cenderung lebih sederhana dengan memanfaatkan bentuk persegi, pentagonal, atau sejenisnya. Tidak ada bentuk rumit, terutama dekorasi tambahan yang dianggap tidak memiliki sisi efisiensi atau kualitas fungsi.

Konsep seperti ini sudah ada sejak tahun 1920an ketika ada abstraksi dari seorang De Stilj. Dia mengedepankan sebuah konsep dengan kembali pada dominasi warna dan efisiensi bentuk. Misalnya adalah penggunaan atap datar pada banyak rumah minimalis. Hal tersebut untuk efisiensi supaya lebih mudah saja.

Lebih Bersih dan Ringkas

Desain Rumah Sederhana Tapi Terkesan Mewah
Desain Rumah Sederhana Tapi Terkesan Mewah

Ada keunikan dari desain rumah sederhana tapi terkesan mewah, yaitu lebih ringkas dan bersih. Pada dasarnya, alasan mengapa desain tempat tinggal minimalis banyak disukai jelas karena lebih ringkas. Tidak ada banyak furniture sehingga bagian dalam ruangan akan terlihat lebih bersih dan ringkas.

Konsep ini biasanya bernama open space atau satu ruangan terintegrasi dengan ruangan lain. Artinya satu ruangan tidak dibatasi oleh dinding sehingga akan saling terhubung. Penggunaan dinding dalam rumah memang hampir tidak pernah dipakai dalam konsep minimalis. Hal tersebut juga berfungsi untuk mempermudah aktifitas sehari-hari.

Kohesifitas atau Kesinambungan untuk Dekorasi Sebuah Rumah Idaman

Desain rumah sederhana tapi terkesan mewah juga memperhatikan kesinambungan antar elemen. Biasanya, pemilihan warna dan detail dekorasi tidak saling berlawanan namun saling melengkapi. Pemakaian konsep tersebut supaya ruangan saling senada antara satu dekorasi dengan dekorasi lain. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan sebuah hunian nyaman.

Misalnya adalah kamar dengan menggunakan konsep geometris garis lurus. Biasanya untuk kohesifitas dengan kelengkapan dekorasi lemari atau tempat penyimpanan berbentuk lurus juga. Bisa juga menggunakan dekorasi tambahan seperti meja atau lampu tidur dengan bentuk geometris senada, misalnya berbentuk pentagonal atau persegi supaya lebih seimbang.

Memiliki Konsep yang Sederhana Tapi Menarik

Desain Rumah Sederhana Tapi Terkesan Mewah
Desain Rumah Sederhana Tapi Terkesan Mewah

Desain rumah sederhana tapi terkesan mewah memang terkenal lebih sederhana. Less is more adalah konsep yang sangat erat dengan model hunian minimalis. Tidak terlalu banyak menggunakan warna atau dekorasi ruangan. Misalnya adalah penggunaan warna monokrom untuk warna dinding seperti putih, abu-abu, atau cokelat.

Pada dasarnya, dari segi psikologi warna monokrom memberikan kesan mewah dan elegan. Misalnya adalah warna abu-abu yang lebih membawa kesan elegan dengan konsep menariknya. Sedangkan warna putih biasanya membawa kesan kesucian atau sejenisnya. Setiap warna monokrom memberikan kesan sederhana masing-masing yang saling memberikan kenyamanan.

Memaksimalkan Ruang yang Kosong

Desain Rumah Sederhana Tapi Terkesan Mewah
Desain Rumah Sederhana Tapi Terkesan Mewah

Lahan terbatas bukan menjadi sebuah masalah bagi rumah minimalis. Namun malah memaksimalkan setiap ruang kosong untuk melakukan fungsi tertentu. Hal tersebut karena bentuk bangunan menggunakan konsep geometris yang lebih sederhana. Jadi lebih banyak ruang kosong yang bisa dimaksimalkan dengan mudah tanpa perlu menemui kesulitan.

Misalnya adalah memaksimalkan bagian atap rumah untuk membangun kolam renang. Bentuk atap datar memudahkan pembuatan kolam renang sehingga tidak membutuhkan tambahan lahan. Cukup membuat bagian atap rumah dengan beberapa lubang geometris dan diisi air. Anda juga akan lebih mendapatkan nilai estetika dalam kolam renang tersebut.

Memang ada banyak hal menarik jika Anda memilih tempat tinggal minimalis. Meskipun terlihat sederhana, namun pada dasarnya memberikan kesan lebih menarik dan mewah. Ada banyak elemen menarik yang bisa dinikmati. Tentunya, desain rumah sederhana tapi terkesan mewah seperti ini menjadi impian dari banyak orang.

Kesimpulan: Ada banyak elemen penting dalam desain rumah sederhana tapi terkesan mewah, misalnya adalah konsep geometris hingga kesinambungan.

Post a Comment for " Desain Rumah Sederhana Tapi Terkesan Mewah yang Bisa Dipakai"