Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membuat Desain Rumah Sederhana 6x12 Tanpa Perlu Banyak Biaya

Desain Rumah Sederhana 6x12
Desain Rumah Sederhana 6x12

Desain rumah sederhana 6x12 adalah salah satu model yang paling banyak dicari oleh kebanyakan orang saat ini. Hal tersebut karena desain tersebut cukup potensial jika dipakai untuk tempat tinggal keluarga. Sebuah rencana jangka panjang yang memang sudah wajib Anda persiapkan sebelum membangun sebuah keluarga.

Hunian sederhana tanpa bangunan besar memang terdengar kurang nyaman jika bagi orang awam. Namun faktanya adalah banyak bangunan rumah yang saat ini mengambil konsep lahan sempit untuk dijadikan tempat tinggal. Asalkan Anda mampu membuat dekorasi dan desain sesuai, maka rumah kecil juga akan nyaman ditempati.

Misalnya saja adalah rumah sederhana dengan ukuran 6x12. Memang terlihat sempit dan kecil, namun ternyata tidak demikian. Jika Anda mampu mengikuti beberapa tips, maka bukan tidak mungkin mendapatkan tempat tinggal nyaman. Karena itu, Anda perlu memahami bagaimana tips untuk membuat desain rumah sederhana.

Memanfaatkan Lahan yang Sudah Ada

Desain Rumah Sederhana 6x12
Desain Rumah Sederhana 6x12

Sebelum membangun desain rumah sederhana 6x12, Anda perlu memperhatikan seberapa luas lahan yang dimiliki. Saat ini Anda memiliki berapa hektare tanah dan apakah tempat tersebut bisa dipakai untuk mendirikan sebuah bangunan. Memiliki lahan sendiri memang sangat penting supaya tidak menimbulkan pembengkakan biaya.

Namun jika tidak memiliki sebuah lahan pribadi untuk membangun hunian, jelas nantinya akan lebih berat. Anda harus membeli sebuah petak tanah sesuai keinginan tanpa memberatkan keuangan keluarga. Jika tidak ingin membeli tanah, maka bisa membeli sebuah hunian di kompleks perumahan yang sudah banyak disediakan pengembang.

Namun akan lebih baik jika Anda memiliki tanah pribadi untuk berbagai keperluan. Jika tidak mampu membeli dalam sekali waktu, maka cicil tanah tersebut sampai lunas. Tabungan sangat penting untuk membeli sebuah lahan demi hunian masa depan. Jadi sebelum membangun sebuah hunian, Anda perlu memiliki lahan.

Menentukan Desain Rumah Sesuai dengan yang Diinginkan


Langkah selanjutnya adalah membuat desain rumah sederhana 6x12 dengan meminta seorang ahli menggambarnya. Menentukan sebuah desain sangat penting karena bertujuan untuk menyesuaikan dengan lahan yang Anda miliki. Anda bisa membuat desain tersebut tanpa perlu khawatir gambarnya akan melebihi kapasitas dari kepemilikan lahan tersebut.

Biasanya jika Anda meminta pada seorang ahli untuk menggambar sebuah desain bangunan, maka akan melihat terlebih dahulu luas lahan. Dengan luas lahan terbatas, biasanya seseorang akan menggambar dengan model rumah bertingkat. Artinya konsep rumah tumbuh dengan menambah lantai ke atas tanpa meluaskan bangunan.

Jangan lupa memilih dan menentukan desain sederhana, namun memberikan kesan modern. Ada banyak sekali gaya arsitektur modern yang bisa Anda terapkan pada tempat tinggal tersebut. Misalnya mengambil gaya rumah tropis dengan banyak kaca sebagai dinding. Ada juga gaya arsitektur model Jepang juga tidak kalah bagusnya.

Kualitas dan Efisiensi Setiap Sudut Ruangan


Desain Rumah Sederhana 6x12
Desain Rumah Sederhana 6x12

Setelah Anda mampu memanfaatkan lahan yang ada dan membuat desain rumah sederhana 6x12, maka selanjutnya adalah efisiensi serta kualitasnya. Gaya rumah minimalis biasanya lebih mengedepankan kualitas dan efisiensi setiap sudut ruangan. Jadi dalam membangun sebuah dekorasi tidak terlalu berlebihan karena hanya mengambil efisiensinya saja.

Prinsip utama membangun sebuah tempat tinggal minimalis adalah less is more atau sedikit itu lebih. Maksudnya adalah dengan sedikit furniture, namun kualitas dan efisiensinya lebih baik. Misalnya adalah satu furniture yang memiliki dua fungsi sekaligus sebagai kursi dan meja dengan cara pemakaian tertentu.

Memanfaatkan Pola dan Tekstur

Untuk mengimbangi kekurangan luas rumah, Anda bisa memanfaatkan pola dan tekstur pada hunian tersebut. Maksudnya adalah memberikan sentuhan konsep tertentu supaya bagian dalam rumah tampak lebih hidup. Anda bisa memadukan warna dinding dengan warna furniture sehingga memiliki kesan saling melengkapi dengan tekstur tertentu.

Ciri khas paling penting adalah tidak pola sederhana atau senada pada setiap bagian sudut ruangan. Dari unsur pemilihan warna jangan memakai perbedaan warna terlalu kontras. Pakai konsep warna monokrom klasik jika ingin terlihat lebih sederhana. Misalnya mengambil warna cokelat, abu-abu, hingga warna sejenis lain.

Membangun sebuah rumah sederhana bukan berarti harus melupakan setiap unsur atau elemen dekorasi. Dengan cara memaksimalkan setiap kesempatan, maka sebuah tempat tinggal masa depan bisa dibangun dengan sangat mudah. Bahkan untuk desain rumah sederhana 6x12 sekalipun pasti bisa membuat nyaman ketika dibangun dengan cara tepat.

Kesimpulan: Sebuah desain rumah sederhana 6x12 yang dianggap sempit bisa tetap memberikan kenyamanan ketika dibangun dengan cara tepat.

Post a Comment for " Tips Membuat Desain Rumah Sederhana 6x12 Tanpa Perlu Banyak Biaya"